Tentang Percaya Part #1

 


Tentang percaya, doa baik yang diijabah oleh Allah hari ini, Rabu 13 Januari 2020.

Minggu ini merupakan minggu yang penuh dengan keputusan dan membutuhkan kepastian, ku kira seperti itu. Bagaimana tidak? Aku dihadapkan dengan beberapa pilihan yang membutuhkan kehadiranku. Oh tidak!!! Aku lah yang membutuhkan kehadiranku disana untuk belajar, bukan orang lain wkwk biar gak salah paham ajaaa(gak ngerasa penting banget juga kok). Sebenarnya kejadian semacam ini seringkali aku alami sebelumnya. Tatkala banyak agenda dan aku bingung untuk memilih yang mana. Akhirnya tetap saja aku jalani semuanya tanpa harus ada piilihan yang membuat ku menjadi kesal dan menyesal nantinya. Karena aku percaya Allah selalu ada dan memberikan pilihan yang terbaik untukku nantinya.  

Ceritanya begini, di minggu ini aku ada beberapa agenda yakni pelantikan Komis pada tanggal 15 Januari 2020, pukul malam hari. Lalu, di tanggal yang sama pula, aku akan melaksanakan ibadah SEREMPAK(Sekolah Perempuan untuk Pembebasan dan Kemanusiaan) yang diselenggarakan oleh Muda Bersuara dan Perempuan Mahardika bertempat di Omah Kendeng, Pati. Acaranya akan berlangsung sampai hari senin, 18 Januari 2020. Nah, di saat yang sama pula, aku gundah akan kedatangan Pae Bue yang telah merencanakan untuk pulang ke Jawa seminggu sebelum pelaksanaan wisuda ku, yakni tanggal 16 Januari 2020 dimana aku masih mengikuti SEREMPAK di Kendeng. Yah ketiga agenda itu cukup menguras tenaga dan pikiranku untukkku memilih yang mana. Nah seperti biasa, aku berusaha untuk melakukan dan mengikuti ketiga agenda tersebut tanpa ada yang tersingkirkan. Rencana di awal pertama aku akan izin pada Pae Bue bahwa di tanggal kedatangan mereka, aku ada acara di Kendeng. Yah, kurasa mereka akan mengizinkan dan memakluminya, baru setelah acara aku akan langsung mampir ke Pati, rumah mbah dimana mereka tinggal nantinya. Kedua, aku akan izin ke Mbak Hilya dan teman-teman panitia Muda Bersuara untuk telat datang ke acara, menimbang acara pelantikan Komis diadakan malam hari. Jadi, hari sabtu aku kesana. Soal berani tidak adanya kawan berangkat nyusul, itu urusan belakang. Kalaupun tidak ada, aku sudah bertekad untuk sendirian membawa motorku kesana. Ketiga, aku tetap mengikuti pelantikan dan mungkin hanya sampai dilantik, tanpa mengikuti acara setelahnya, karena untuk persiapan perjalanan ke Kendeng paginya. Nah, itulah rencana awalnya. Namun, Allah Maha Baik, Pengasih, dan Penyayang.

Semua rencana yang telah aku pikirkan begitupun dengan jalannya, seketika berubah atas kehendak Allah dan kebaikan-Nya. Berita baiknya yakni; Pertama, wisuda ku di tunda sampai tanggal 17 Februari 2020. Itu berarti Pae Bue juga akan menunda kepulangan mereka ke Jawa sampai H-seminggu sebelum wisuda, yang ditetapkan tanggal 6 Februari 2020. Itu berarti aku tak perlu pulang ke Pati selepas acara SEREMPAK, yaa masih ada jeda untukku ke Semarang. Kedua, Pelantikan di undur sampai batas waktu yang tidak ditentukan mengingat keadaan Semarang dan sekitarnya masih PSBB.  Itu berarti aku tak perlu menyusul ke Pati dengan kendaraan sendiri dan sendirian wkwk. Alhamdulillah…

Kejadian diatas sebenarnya bukan sekali dua kali saja terjadi di kehidupanku tatkala akan memutuskan sesuatu. Dan Allah selalu punya rencana yang terbaik atas keputusan itu. Kubuat tulisan ini atas nama percaya,  terima kasih teruntuk teman-teman yang membaca sepenggal kisah menarik dariku hari ini.  Kita boleh berencana, namun Allah SWT yang menentukan. Dan aku percaya setiap niat baik yang kita panjatkan pada Allah SWT pasti akan berbuah baik pula pada kita. Jadi, jangan jadikan alasan untuk tidak produktif di tengah keterbatasan. Oiya, satu lagi masing-masing orang tentu berbeda pula dalam pengambilan setiap keputusannya. Contoh saja orang seperti aku yang memutuskan untuk menerima semua agenda dengan merencanakan jalannya tanpa harus meninggalkan salah satu. Ada pula orang yang memutuskan untuk fokus memilih satu agenda sebelum rencana Allah datang. Dan bagiku itu sama saja, tinggal diri kita sendiri ikhlas menerima atau tidaknya dan tetap menjalaninya dengan cara yang terbaik.

Doaku semoga acara SEREMPAK angkatan kedua tahun ini berjalan dengan lancar, membawa kebermanfaatan dan sukses tanpa kendala. Aamiin  

 

Luq Yana Chaerunnisa

Rabu, 13 Januari 2020

 

 

Komentar

  1. Aku juga sering dihadapkan banyak pilihan. Bedanya, aku biasa melewatkan semua begitu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma aku saja yang terlalu berlebihan memang wkwk

      Hapus
  2. Ketika orang dihadapkan dengan kondisi seperti itu, memang masing-masing mempunyai pilihannya sendiri. Selalu bersyukur Allah memang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang untuk semua hambanya. Hikmah baik & Manfaat kembali untuk orang yang senantiasa berbuat baik dan memberi manfaat pastinya. Peluk jauh kak🥰

    BalasHapus

Posting Komentar